Tuesday, November 06, 2012

00. Pengantar Aplikasi Web

Pengantar Aplikasi Web

Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang  berjalan dalam ruang lingkup intranet atau internet, dengan menggunakan protokol HTTP.  User yang mengakses aplikasi web akan menggunakan Browser seperti IE, Mozilla Firefox, untuk mengirimkan permintaan halaman ui atau data - disebut http request - ke Web Server.

Web Server ini selanjutnya akan memproses permintaan tersebut, baik dengan meneruskan ke mesin aplikasi seperti Database Server, atau Application Server lainnya, dan selanjutnya dikirim kembali ke Browser dalam bentuk pesan respon dalam dokumen HTML.

HTTP ialah singkatan untuk HyperText Transfer Protocol: Standar komunikasi antara client browser dan server.  HTTP merupakan protokol jaringan layer aplikasi yang dibangun di atas TCP (layer dalam OSI 7 Layer). *

*lihat selengkapnya di: http://compnetworking.about.com/od/networkprotocols/g/bldef_http.htm

HTML, singkatan dari HyperText Markup Language, merupakan sekumpulan simbol dan kode disebut sebagai bahasa markup (http://en.wikipedia.org/wiki/Markup_language) yang ditulis dalam sebuah file untuk  menampilkan halaman web dan informasi yang dikandungnya, dalam sebuah browser. File ini selanjutnya dikenal sebagai dokumen HTML, yakni sebuah file berekstensi .html atau .htm. Standar penulisan HTML ini diatur oleh konsorsium W3C.

Lebih jauh mengenai html silakan dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/HTML


Pemrograman Aplikasi Web

Pada saat ini teknologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi web tersedia cukup banyak baik dari segi bahasa: PHP, ASP, ASP.NET, hingga JAVA (J2EE), maupun dari segi tool IDE  (Integrated Development Environment), maupun framework. Dari IDE kita kenal Visual Studio VS2008, VS2010, VS2012, untuk pengembangan aplikasi Web berbasis Microsoft, dan untuk Java kita kenal adanya eclipse, maupun netbeans. Dari sisi framework kita kenal adanya CodeIgniter untuk PHP, Wicket, Spring, Struts untuk JAVA, dan lain-lain.

Teknologi dan bahasa yang digunakan tersebut dikenal sebagai server-side scripting, yang apabila dikompilasi atau dijalankan di Web Server akan dikembalikan ke Browser Client sebagai halaman HTML Standar.




No comments: